Selasa, 26 April 2016

NASYID MENDARAH DAGING

Buka-buka arsip lama, ternyata nemuin tulisan dokumentasi yang kubuat untuk nasyidku dulu waktu masih di Pondok Pesantren Darul Hijrah. Apa kabar personil Al-Qisty Nasyid Hendra Setiawan, Surahman, Ahmad (Cemot), Midi HS, Anwar Hadimi, dan Muhammad Rezeki yang sekarang mungkin sudah sibuk dengan aktivitasnya masing-masing?


Al-Qisty Nasyid terbentuk sekitar awal tahun 2007. Saat itu sedang ada lomba Pekan Muharram 1428 di SMUN 1 Mataraman. Salah satu perlombaannya adalah nasyid. Kala itu, Ust. M. Luthfi meminta santri kelas V untuk membuat kelompok nasyid. Maka terpilihlah tujuh orang santri yang semuanya berasal dari kelas V (semuanya pengurus OSDA). Satu hal yang tidak diduga adalah pada perlombaan tersebut, al-Qisty Nasyid langsung berhasil menyabet juara 1! Dengan kemenangan itu, maka al-Qisty Nasyid diminta untuk tampil di Auditorium RRI Banjarmasin. Dalam kesempatan berikutnya, al-Qisty Nasyid pun semakin sering diundang untuk mengisi acara, baik internal pondok maupun eksternal pondok. Hingga pada akhirnya, nasyid ini berhenti mengorbit seiring dengan lulusnya para personilnya.


Pada bulan November 2011, sekitar tiga tahun setelahnya, dengan semangat pernasyidan yang masih ada, aku kembali membentuk grup nasyid di Pondok Pesantren UII Yogyakarta. Grup nasyid ini bernama Syahada. Seluruh personil berjumlah delapan orang yang semuanya adalah santri Ponpes UII. Sekitar akhir tahun 2014, terjadi regenerasi pada personil Syahada karena sebagian besar telah lulus S1. Saya termasuk yang keluar. Pada generasi kedua, jumlah personil dikurangi dan hanya menyisakan enam orang. Alhamdulillah hingga saat ini, nasyid ini masih tetap eksis, bahkan sedang merilis album perdananya. Meskipun saya sudah tidak aktif lagi di sana, saya berharap semoga nasyid ini terus berkarya dan menjadi salah satu icon nasyid Ponpes UII. Semoga Syahada nasyid dapat terus mempertahankan eksistensinya di dunia pernasyidan Indonesia.



 

0 komentar:

Posting Komentar

apa komentar anda tentang bacaan ini?